• SINGKIRKAN PENYAKIT HATI

    Tak ada manusia yang sempurna. Inginnya hati selalu bersih, tapi slalu ada saja hal-hal negatif yang mengotori hati. Mari kita membersihkan diri dari berbagai penyakit hati.

    Hati adalah cermin pribadi dari sifat seseorang. Apabila hati baik, maka kita akan memiliki sifat baik. Sebaliknya, bila hati tidak baik, prilaku kita pun cendrung kurang baik. Personalnya, terkadang kita tidak menyadari hal-hal negatif yang mengotori hati. Ucapan yang meyakitkan hati orang lain, atau wajah masam yang kita tunjukan pada orang lain pun, juga salah satu sifat negatif yang mengotori hati. Tapi, Anda tak perlu berkecil hati, karna manusia memang tak pernah luput dari salah.

    Anda masih punya banyak kesempatan untuk memperbaiki diri dan membuka langkah awal untuk memulai meyingkirkan hal-hal negative yang masih menyelimuti diri, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    Lalu, bagaimana caranya mencegah dan meyingkirkan penyakit hati…?

    1. Menjaga Emosi
    Emosi dapat membuat hidup menjadi tidak tenang. Itu sebabnya kita slalu disarankan untuk slalu menjaga emosi agar tidak menyurus ke penyakit hati. Salah satu cara untuk melatih emosi kita adalah dengan pengendalian diri. Pengendalian diri memegang peran besar dalam diri kita masing-masing. Jadi, jika perasaan ingin marah atau kesal akan muncul, Anda bisa mencoba mengalihkan pikiran kearah yang rileks, seperti mendengarkan musik atau membaca dan melakukan hal kecil yang Anda suka.

    2. Kurangi Bicara
    Slalu banyak bicara dapat membuat hati kita menjadi keras. Jadi kurangilah bicara yang tidak penting, seperti membicarakan keburukan orang lain atau ngegosip. Menggosip artis, juga tidak baik lho. Banyak bicara dalam kebaikan boleh-boleh saja, misalnya berdiskusi, menjaga atau membacakan cerita untuk anak-anak yang kurang mampu, bahkan ngobrol santai dengan teman-teman, keluarga pun, adalah satu kebaikan juga.

    3. Introspeksi Diri
    Dengan merenungi hal-hal yang sudah diperbuat selama satu tahun blakangan, baik itu perbuatan baik atau pun perbuatan buruk. Dengan berintrospeksi, Anda bisa menentukan apa yang sebaiknya akan dilakukan kemudian.

    4. Perbanyak Senyum
    Jika anda memiliki masalah dengan rekan atau teman sehingga tidak saling bicara. Cobalah untuk saling melempar senyum atau sekedar say Hello. Dengan begitu, suasana hati yang beku bisa sedikit mencair. Anda pun bisa mengetahui apakah rekan itu mau member respon positif atau negatif. Sebainya Anda jangan pedulikan respon orang lain, jika Anda sudah beri senyum, tapi wajah orang itu tetap masam, ya biar saja. Yang untung kan Anda, karna banyak senyum bisa bikin Anda tambaha cantik (hehehehehe,…… )

    5. Lakukan Kegiatan Positif
    Jika biasanya diwaktu istirahat, Anda dan teman-teman pergi makan siang bersama, atau sepulang kuliah/kerja, Anda hangout kadang-kadang bisa Anda alihkan untuk bersama-sama mendengarkan siraman rohani. Atau mengunjungi panti asuhan, untuk berbagi kebahagiaan bersama orang-orang yang kurang beruntung.

    6. Berteman Dengan Orang Baik
    Berteman dengan orang-orang yang penuh dengan penyakit hati hanya akan menulari kita dengan penyakit-penyakit itu. Sebaliknya, jika kita bergaul dengan orang baik yang slalu menjaga diri, kita pun tidak akan terjerumus dalam pergaulan yang salah.

    taken from Chic magazine...

0 comments:

Post a Comment